Waspada! Ini 13 Penyebab Muncul Benjolan di Leher

Siska Permata Sari
Kamis 23 Juni 2022 23:55 WIB
 Waspada! Ini 13 Penyebab Muncul Benjolan di Leher
13 penyebab muncul benjolan di leher. (Foto:celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Benjolan di leher bisa disebabkan oleh berbagai hal dan bisa menjadi tanda kondisi serius, seperti infeksi atau pertumbuhan kanker.

Benjolan di leher ukurannya bisa bervariasi, tergantung jenis dan penyebabnya. Bila Anda memiliki benjolan di leher, sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

Nah, berikut ini 13 penyebab kenapa muncul benjolan di leher, seperti dirangkum dari Healthline, Kamis (23/6/2022).

1. Mononukleosis

Penyebab di urutan pertama adalah mononukleosis atau demam kelenjar. Mononukleosis biasanya disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV) dan terjadi pada remaja seperti siswa sekolah menengah dan perguruan tinggi. 

Gejalanya sendiri meliputi demam, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, keringat malam, dan nyeri tubuh.

2. Nodul tiroid

Nodul tiroid merupakan benjolan padat atau berisi cairan yang berkembang di kelenjar tiroid. 

Ini biasanya tidak berbahaya, tetapi mungkin merupakan tanda penyakit seperti kanker atau disfungsi autoimun. 

Gejalanya yakni kelenjar tiroid yang bengkak atau kental, batuk, suara serak, nyeri di tenggorokan atau leher, kesulitan menelan atau bernapas.

3. Gondok

Peyebab berikutnya yakni gondok. Gondok adalah pertumbuhan abnormal kelenjar tiroid yang umumnya jinak atau terkait dengan peningkatan atau penurunan hormon tiroid.

4. Tonsilitis

Tonsilitis atau radang amandel adalah infeksi virus atau bakteri pada kelenjar getah bening tonsil.

 Gejalanya meliputi sakit tenggorokan, kesulitan menelan, demam, menggigil, sakit kepala, bau mulut, hingga amandel yang bengkak, berbintik-bintik putih atau kuning.

 

1
/
4