Waspada! Ini Bahaya Berbagi Tempat Tidur dengan Anjing di Cuaca Dingin

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Minggu 22 Januari 2023 15:59 WIB
Waspada! Ini Bahaya Berbagi Tempat Tidur dengan Anjing di Cuaca Dingin
Ini bahaya berbagi tempat tidur dengan anjing di cuaca dingin. (celebrities.id/iflscience)

JAKARTA, celebrities.id - Tidur bersama dengan anjing peliharaan merupakan salah satu cara melepas lelah bagi beberapa orang.

Meski ada sejumlah manfaat tidur dengan anjing kamu, beberapa dokter hewan memperingatkan bahwa hal itu bisa berisiko, khususnya saat cuaca dingin.

Salah satu kekhawatiran berbagi tempat tidur dengan anjing yakni overheating. Karena, selama musim dingin atau cuaca dingin, anjing cenderung meringkuk di tempat tidur dan di bawah selimut untuk mendapat kehangatan.

Namun, menurut peneliti hewan Katy Alexander, bila kamu melapisi selimut dan selimut tebal, beberapa anjing mungkin kesulitan untuk bangun dari tempat tidur bila terlalu panas.

"Anjing yang sangat kecil, anak anjing, anjing tua, dan anjing dengan radang sendi atau masalah mobilitas lainnya mungkin kesulitan menemukan jalan keluar yang aman jika mereka menjadi terlalu panas," ujar Katy Alexander, Pimpinan Penelitian Hewan di Blue Cross di Inggris, kepada The Telegraph pada Minggu (22/1/2023).

Sementara, terdapat beberapa bukti bahwa berbagi tempat tidur dengan anjing bisa mempengaruhi kualitas tidur kamu.

Dalam studi pada 2020, menemukan bahwa memelihara anjing di tempat tidur, meningkatkan pergerakan seseorang sepanjang malam.

Meski tidak ada peserta yang melaporkan kesulitan tidur, gerakan tersebut mungkin mengindikasikan mereka, bahwa mereka tidak tidur senyenyak yang mereka kira.

Tapi, itu hanya dari satu sisi argumen. Karena, beberapa penelitian menunjukan, bahwa berbagai tempat tidur dengan hewan peliharaan, tidak ada kaitannya dengan kualitas tidur. Sementara studi lain menunjukan, bahwa hal itu mungkin mempengaruhi kualitas tidur, tapi dampaknya sangat ringan.

Beberapa penelitian lainnya telah menyelidiki pro dan kontra memelihara anjing di tempat tidur, untuk menyimpulkan bahwa hal tersebut benar-benar bisa meningkatkan kesejahteraan pemilik hewan peliharaan.

Pada studi tahun 2018, para peneliti menyimpulkan, bahwa perempuan yang tidur di samping anjingnya memiliki perasaan nyaman dan aman yang lebih kuat di malam hari.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2