Waspada! Ini Efek Samping Konsumsi Ivermectin yang Diklaim Obat Covid-19 

Muhammad Sukardi
Jumat 11 Juni 2021 12:37 WIB
Efek samping konsumsi ivermectin yang diklaim obat Covid-19. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Ivermectin menjadi pembahasan hangat saat ini. Obat tersebut dipercaya sebagai penyembuh Covid-19, bahkan bisa menyelamatkan pasien dari risiko kematian.

Belum lama ini pun Kudus 'kedatangan' paket kiriman obat Ivermectin sebanyak 2.500 dosis sebagai upaya penanganan pandemi yang cukup parah di sana. Ya, tiga kecamatan di Kudus yakni Jati, Kota, dan Mejobo menjadi 'zona hitam' penularan Covid-19.

Tapi, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sudah menegaskan bahwa sampai sekarang belum ada data yang valid menyatakan obat Ivermectin mampu menyembuhkan Covid-19. Jadi, masyarakat disarankan tidak sembarang menggunakan obat tersebut.

Terlepas dari itu semua, sebetulnya apa itu obat Ivermectin?

Menurut laporan BPOM, Ivermectin kaplet 12 mg terdaftar di Indonesia untuk indikasi infeksi kecacingan (Strongylodiasis dan Onchocerciasis). Ivermectin diberikan dalam dosis tunggal 150-200 mcg/kg Berat Badan dengan pemakaian 1 (satu) tahun sekali.

"Ivermectin adalah obat keras yang pembeliannya harus dengan resep dokter dan penggunaannya di bawah pengawasan dokter," tulis BPOM.

 

1
/
2