Waspada! Kasus Pertama Cacar Monyet Meninggal Dunia, India Langsung Hubungi UEA 

Kevi Laras
Selasa 02 Agustus 2022 20:54 WIB
Waspada! Kasus Pertama Cacar Monyet Meninggal Dunia, India Langsung Hubungi UEA 
Pasien pertama Cacar monyet meninggal. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kasus pertama monkeypox atau cacar monyet di India dikabarkan meninggal dunia. Hal langsung dicari tahu oleh pemerintah India. Tak hanya itu, India pun langsung menghubungi pihak berwenang di Uni Emirat Arab (UEA).

Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui secara jelas, bagaimana seseorang lolos penerbangan dengan status positif cacar monyet. Hingga pada akhirnya, orang tersebut meninggal dunia. 

 "Kami menghubungi pejabat di negara itu [UEA] untuk melihat mengapa pria itu diizinkan naik pesawat meskipun dinyatakan positif cacar monyet . Kami secara ketat menyaring semua orang di bandara kami dan mengharapkan hal yang sama dari negara lain juga, ” kata seorang pejabat, dilansir Indiana Express, Selasa (2/8/2022)

Sementara Menteri Kesehatan Kerala Veena George mengatakan orang tersebut tidak bergejala khas cacar monyet, meskipun dinyatakan positif terinfeksi. Maka penyelidikan tingkat tinggi akan dilakukan untuk menentukan penyebab kematiannya.

Sejauh ini, enam kasus cacar monyet tercatat di seluruh negeri, termasuk seorang warga negara Nigeria yang tinggal di Delhi. Telah dinyatakan positif pada Senin, dirawat di Rumah Sakit Nodal Lok Nayak Delhi tapi tidak memiliki riwayat perjalanan internasional dalam 21 hari terakhir.

Atas kasus ini, India membentuk satuan tugas yang dipimpin oleh anggota NITI Aayog (kesehatan) Dr VK Paul. Untuk mengawasi situasi cacar monyet. 

Dimana komite tersebut, selain memantau situasi, telah ditugaskan untuk mengembangkan kit diagnostik lokal untuk infeksi cacar monyet.

Editor : Hadits Abdillah