Waspada! Kenali Gejala Flu Singapura pada Anak, Bisa Menyebabkan Kematian

Icon CameraUmi Ayu Tri Laksini Fatimah
Kamis 26 Mei 2022 19:25 WIB
Waspada! Kenali Gejala Flu Singapura pada Anak, Bisa Menyebabkan Kematian
Kenali gejala Flu Singapura. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Flu singapura merupakan penyakit yang saat ini telaah menyerang sebagian kesehatan Anak-Anak. Terutama anak di usia 5 - 16 tahun. Bahkan penyakit tersebut bisa menyebabkan kematian, akibat kurang waspadanya para orangtua. Kenali dan waspada terhadap tanda bahaya Flu Singapura sangat penting untuk para orangtua, sebelum terlambat.

Flu yang ditemukan pada 1957 di Toronto, Kanada ini ternyata mempunyai gejala yang bisa membahayakan nyawa sang anak. Para orang tua sudah harus mengenal dan mewaspadai gejala tersebut demi kesehatan anak.ย 

“Secara umum kasusnya ringan jadi Sebagian besar anak bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan dan obat-obatan tertentu, jadi biasanya kalo demam hanya dikasih obat demam. Kalau sariawan dikasih obat sariawan,” ujar Dokter Nina Dwi Putri yang merupakan Dokter Spesialis Anak Konsultan Infeksi pada Live Instagram @celebrities.id, Kamis (26/5/2022).

"Tapi pada keadaan yang ringan tapi ada tanda bahaya biasanya tanda tandanya, anak demam tinggi secara terus menerus, demamnya sampai 39 keatas. Karena secara umum pasien dengan HFMD atau flu singapura harusnya demamnya gak tinggi," kata dia lagi.

"Tapi kalau demamnya tinggi ada lecet-lecet di kulit itu harus ย hati-hati. Waspada, karena itu salah satu tanda bahaya, perlu memeriksakan diri ke dokter,” ujarnya.

Namun masih ada tanda-tanda yang harus diwaspadai oleh orangtua ketika anak sudah memiliki gejala awal Penyakit Flu Singapura. Walaupun kasus Flu Singapura dengan gejala yang parah sangat jarang ditemukan. Alangkah baiknya orangtua mengenali agar bisa mencegah keparahan itu lebih lanjut.

Gejala ini juga dapat membuat komplikasi parah. Seperti infeksi jantung, infeksi paru, infeksi otak, dan yang lebih parah menyebabkan kematian mendadak.

“Demam tinggi yang terus menerus, anaknya gak mau makan minum, terus anaknya lemes, lebih banyak mengantuk, sampai ada kejang, itu adalah salah satu tanda bahayanya,” ujar Nina.
ย 

Editor : Hadits Abdillah