Waspada! Pandemi Covid-19 Kian Memprihatinkan, Mutasi Virus Lokal Makin Banyak 

Leonardus Selwyn Kangsaputra
Kamis 27 Mei 2021 23:41 WIB
Saat ini sudah terjadi mutasi virus Covid-19 lokal di Indonesia dan berbeda secara genomic dengan varian yang ada di Wuhan. (Foto: Freepik.com)

JAKARTA, celebrities.id - Situasi pandemi Covid-19 di Tanah Air menunjukkan tanda-tanda memperihatinkan. Hal itu diungkap Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono.

Menurutnya, saat ini virus Covid-19 mengalami mutasi secara biologis natural sehingga menimbulkan beberapa klasifikasi seperti variant of interest, variant of concern, dan variant of consequence.

Dalam Live Streaming Komisi IX DPR RI Raker dengan Menteri Kesehatan RI @DPR RI, Kamis (27/5/2021), semua virus ini secara cerdas melakukan perubahan-perubahan untuk bermutasi agar tetap hidup. Saat ini sudah terjadi mutasi lokal di Indonesia untuk virus Covid-19 dan berbeda secara genomic dengan varian yang ada di Wuhan.

“Yang paling di highlight adalah varian of concern, ini adalah kasus mutasi Inggris, India, dan Afrika, dan ini sudah teridentifikasi ada di Indonesia. Jadi kita harapkan harus melakukan gerakan untuk mengantisipasi supaya perubahan secara endogen ini tidak berpengaruh pada penyebaran kasus,” kata dr. Dante.

 

1
/
3
Topik Terkait