Waspadai Depresi pada Anak-Anak, Kenali Tanda-tandanya

Icon CameraRaden Yusuf Nayamenggala
Senin 23 Januari 2023 20:55 WIB
Waspadai Depresi pada Anak-Anak, Kenali Tanda-tandanya
Kenali tanda-tanda depresi pada anak. (Foto: Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Depresi tidak hanya dialami orang dewasa, anak-anak juga bisa mengalaminya. Berdasarkan pusat pengendalian dan pencegahan penyakit, dari 2016-2019, sebanyak 9,4 persen anak-anak berusia 3-17 tahun mengalami gangguan kecemasan dan 4,4 persen mengalami depresi.

Namun, penelitian mengungkap bahwa mereka bisa mengalaminya, meski apa yang dialami berbeda dari orang dewasa.

Penelitian telah menemukan bahwa depresi dan kecemasan juga sangat komorbid, itu artinya anak-anak kerap didiagnosis dengan gangguan kecemasan dan persi pada saat yang bersamaan.

Anak-anak yang lebih mudah cenderung mengalami kecemasan akan perpisahan. Sementara, kecemasan sosial sering terjadi seiring bertambahnya usia sang anak.

Untuk bayi, para ahli menemukan bahwa bayi pun bisa menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka depresi, meski terbilang tidak umum. Bayi yang pemalu, pendiam atau mudah marah, kemungkinan lebih rentan terhadap depresi.

Kemudian, paparan peristiwa kehidupan yang penuh tekanan, trauma, pengabaian, dan memiliki orang tua yang depresi, bisa meningkatkan risiko depresi pada bayi.

Menurut penelitian pada buku Deborah Serani "Depression and Your Child: A Guide for Parents and Caregives", sekitar 4 persen anak usia 2-5 tahun dan 5 persen anak usia 6-12 tahun, dan 11,2 persen remaja berusia 13-18 tahun mengalami depresi.

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2