Waspadai Penyakit Campak, Kemenkes Imbau Masyarakat Segera Imunisasi

Icon CameraKevi Laras
Jumat 20 Januari 2023 17:14 WIB
Waspadai Penyakit Campak, Kemenkes Imbau Masyarakat Segera Imunisasi
Kemenkes imbau masyarakat segera imunisasi campak. (Foto: celebrities.id/ Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Kementerian Kesehatan mengatakan bahwa campak merupakan penyakit yang penularannya sangat cepat. 

Hal tersebut disampaikan Direktur Pengelolaan Imunisasi Kementerian Kesehatan, dr. Prima Yosephine bahwa penyakit ini disebabkan oleh virus campak.

Menurutnya, campak ini hanya bisa dicegah dengan imunisasi campak. Sehingga dia mendorong setiap orang tua, lakukan imunisasi untuk anak-anaknya. 

"Campak itu sebenarnya merupakan penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, tapi kenyataannya sampai saat ini PD3I (Penyakit yang Dapat Dicegah dengan dengan Imunisasi) itu masih mengancam dunia. Padahal imunisasi kalau dilakukan dengan baik cakupannya juga bisa cukup tinggi, maka bisa menekan angka kematian 2 sampai 3 juta kemarin setiap tahun yang diakibatkan dari PD3I tadi dari campak, Difteri, tetanus pertusis, dan influenza," kata dr Prima dalam Konferensi Pers Update Kasus Campak secara online, Jumat (20/1/2023).

Kasus campak saat ini, memang dikatakan dampak dari cakupan imunisasi di Indonesia yang masih rendah. Sehubungan dengan ini, disisi lain Ketua Unit Kerja Koordinasi Penyakit Infeksi Tropik Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr Anggraini Alam, SpA(K) menjelaskan bahwa Omicron ataupun Covid-19 tIdak separah penyakit Campak

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2