WHO Anjurkan Ibu Menyusui Pakai Masker Medis, Covid-19 Naik Lagi

Kevi Laras
Jumat 05 Agustus 2022 13:08 WIB
WHO Anjurkan Ibu Menyusui Pakai Masker Medis, Covid-19 Naik Lagi
WHO menganjutkan ibu menyusui menggunakan masker medis. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Menyusui menjadi tanggung jawab seorang ibu pasca melahirkan. Mengingat sedang adanya perkembangan virus Covid-19 yang menghadirkan berbagai varian, kepatuhan protokol kesehatan (prokes) tentu sangat diperlukan.

Namun, apakah seorang ibu masih diperbolehkan menyusui tanpa menggunakan masker medis? Menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) penggunaan masker medis saat menyusui dianjurkan.

Tetapi tidak menghentikan peranan seorang ibu, meski pun tidak menggunakan masker medis. 

"Ibu dengan gejala Covid-19 disarankan untuk memakai masker medis, tetapi meskipun tidak memungkinkan, menyusui tetap harus dilanjutkan," tulis keterangan WHO dalam website, dikutip Jumat (5/8/2022).

Selain itu, untuk memberikan perlindungan kepada bayi. Ibu diminta untuk selalu menjaga kebersihan tangan (mencuci tangan) dan menggunakan tisu saat batuk atau bersin.

Namun untuk penggunaan masker non medis (seperti buatan sendiri atau masker kain). WHO tidak merekomendasikan DNA juga tidak melarangnya. 

"Masker non-medis (misalnya masker buatan sendiri atau masker kain) belum dievaluasi. Saat ini, tidak mungkin untuk membuat rekomendasi untuk atau menentang penggunaannya," kata WHO.

Disamping itu, manfaat ASI disampaikan oleh Doula Alia, dimana bukan hanya memenuhi nutrisi untuk kesehatan sang bayi, tetapi juga membantu perkembangan kognitif bayi.

Secara umum, diketahui manfaat didapat dari ASI yakni sumber mineral, vitamin, karbohidrat, protein dan lainnya.  Manfaat lain seperti perkembangan kognitif bayi, secara emosional jadi lebih matang, jika mendapatkan ASI secara langsung.

"Manfaat ASI bukan hanya pada tubuh karena bisa membantu dalam perkembangan kognitif bayi. Memang bedanya bayi yang disusui secara langsung dengan melalui botol itu koneksi dengan ibu berbeda," kata Alia Febyani Birth & Post Partum Doula (Dona Certified), Transpersonal Psyche Soma Analyst & Practitioner, kepada MNC Portal.

Editor : Tia Ayunita