WHO Belum Tetapkan Jadwal Uji Klinis Data Vaksin Sputnik V Rusia

Rizky Pradita Ananda
Rabu 28 April 2021 11:02 WIB
Sputnik V masih terus berlanjut. (Foto: celebrities.id/Freepik)

JAKARTA, celebrities.id - Proses perkembangan vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh Rusia, Sputnik V masih terus berlanjut.

Dari perkembangan terbaru, seperti dilapor Reuters, Rabu (28/4/2021) dikatakan organisasi kesehatan dunia (WHO) pada Selasa 27 April kemarin, pihak WHO saat ini masih dalam tahap berdiskusi dengan Rusia terkait vaksin Covid-19 Sputnik V. 

Masih dalam tahap terus berdiskusi dengan Rusia, WHO diketahui belum menetapkan tanggal untuk mengevaluasi data klinis vaksin, untuk kemungkinan pendaftaran penggunaan darurat.

“Tentang vaksin Sputnik, kami masih menunggu. Pihak kami masih di tahapan bolak-balik. Jadi kami belum ada pertemuan yang dijadwalkan untuk peninjauan,” kata juru bicara WHO, Margaret Harris di Jenewa.

Kabar terbaru menyebutkan, badaan regulator kesehatan Brazil, Anvisa diketahui telah menolak mengimpor Sputnik V yang diminta oleh gubernur negara bagian untuk melawan hantaman lonjakan gelombang kedua. 

Merujuk pada risiko serius dari vaksin yang disoroti oleh staf teknis Anvisa dengan alasan masih kurangnya informasi yang menjamin keamanan, kualitas, dan efektivitas vaksin Sputnik V.

Editor : Endang Oktaviyanti