WHO Tetapkan KLB Hepatitis Akut pada Anak, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai

Kevi Laras
Rabu 04 Mei 2022 14:27 WIB
WHO Tetapkan KLB Hepatitis Akut pada Anak, Ini Gejala yang Perlu Diwaspadai
hepatitis akut serang anak-anak. (Foto: Freepik)

AMERIKA, celebrities.id - Kemunculan penyakit misterius di berbagai negara membuat organisasi kesehatan dunia (WHO) menetapkan status kondisi luar biasa (KLB). Diketahui penyakit itu, Hepatitis akut yang menyerang anak-anak di Eropa, Amerika dan Asia sejak 15 April 2022. 

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid mengungkapkan bila hingga saat ini masih dicari tahu penyebab dari Hepatitis akut yang misterius tersebut. 
"Belum, seperti WHO sampaikan Hepatitis akut yang  belum diketahui penyebabnya," ujar dr Nadia, Rabu (4/5/2022).

Sejauh ini di Indonesia telah ditemukan tiga pasien anak yang dirawat di RSUPN Dr. Ciptomangunkusumo Jakarta diduga terkena Hepatitis akut, belum diketahui penyebabnya mengakibatkan meninggal dunia. Dalam rentang waktu berbeda, mulai dua minggu terakhir hingga 30 April 2022.

Sehubungan dengan situasi Covid-19, Nadia menerangkan agar masyarakat tetap waspada dengan Hepatitis akut menyerang anak-anak. 

Dia mengimbau untuk tetap melakukan pencegahan, dengan mematuhi protokol kesehatan, seperti cuci tangan hingga hindari kontak dengan orang sakit.

"Ini belum dapat diketahui karena Hepatitisnya belum diketahui penyebabnya, dan bersamaan Covid-19 harus diwaspadai. Terutama karena menyerang anak-anak jangan sampai angka kematian menjadi meningkat, apalagi pada kelompok lansia," tuturnya.

 

1
/
2