Wisatawan Candi Borobudur akan Diwajibkan Pakai Sandal Khusus, Sandiaga Uno: Konservasi Kita Prioritaskan

Novie Fauziah
Jumat 14 Januari 2022 21:57 WIB
Wisatawan Candi Borobudur akan Diwajibkan Pakai Sandal Khusus, Sandiaga Uno: Konservasi Kita Prioritaskan
Pengunjung Candi Borobudur akan diwajibkan pakai sandal khusus. (Foto: Kemenparekraf)

JAKARTA, celebrities.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengapresiasi rencana penyediaan sandal khusus bagi wisatawan yang naik ke struktur terbatas Candi Borobudur guna menjaga kelestarian dan keutuhan candi.

Nantinya sandal tersebut akan diproduksi oleh pelaku ekonomi kreatif di sekitar kawasan Borobudur, sehingga menjadi kesempatan membuka peluang usaha dan dapat meningkatkan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat.

Sandiaga Uno melanjutkan, sesuai petunjuk dari Balai Konservasi, kawasan wisata Borobudur akan mulai menerima kunjungan wisatawan 4.000 orang di pelataran dan 1.000 orang di candi.

"Yang bisa naik ke candi dengan menggunakan sandal sesuai dengan yang ada di relief nomor 150 Karmawibhangga," ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (14/01/22).

Sandal yang diperuntukkan bagi wisatawan diberi nama Upanat, dan ini wajib digunakan wisatawan yang akan naik ke candi agar tidak merusak tangga dan struktur bangunan lainnya yang ada di candi.

Menurut Sandiaga Uno, diproduksinya sandal ini diperkirakan akan membuka sekitar 1.200 lapangan kerja. Serta akan pastikan bahwa ini adalah kebangkitan ekonomi yang langsung dirasakan masyarakat, karena masyarakat sudah betul-betul membutuhkan kebangkitan ekonomi khususnya di kawasan Borobudur.

"Konservasi yang pasti akan kita prioritaskan dan juga harapannya ini bagian daripada pemenuhan kebutuhan masyarakat karena masyarakat sudah lebih dari dua tahun menghadapi pandemi. Mari kita giatkan kembali dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tuturnya.

 

1
/
2