Wisatawan Hilang di Gunung Bromo Ditemukan Selamat di Dasar Jurang, Ngaku Merasa Ada yang Mengajak

Avirista Midaada
Selasa 21 Juni 2022 20:01 WIB
Wisatawan Hilang di Gunung Bromo Ditemukan Selamat di Dasar Jurang, Ngaku Merasa Ada yang Mengajak
Proses evakuasi wisatawan yang sempat dinyatakan hilang di Gunung Bromo (Foto: Humas TNBTS)

PASURUAN, celebrities.id - Wisatawan asal Malang yang hilang di Gunung Bromo akhirnya ditemukan selamat. Wisatawan bernama Roni Nur Efendi ditemukan di area perbukitan tak jauh dari lokasi penemuan sepeda motor korban.

Lokasi penemuan korban pun memiliki kemiringan hingga 65 derajat di Gunung Emprit, Blok Pusung Duwur, Desa Wonokitri yang berjarak 200 meter dari lokasi sepeda motor ditemukan. Medannya berada di bawah perbukitan jurang di Pusung Duwur, Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Pasuruan.

Menariknya, wisatawan yang ditemukan di dasar jurang itu dalam kondisi selamat dan sehat tanpa ada luka sedikitpun. BPBD Kabupaten Malang yang turut membantu melakukan pencarian mengakui korban selamat dan hanya menderita dehidrasi, akibat kurang cairan dan kelelahan.

"Saat ditemukan kondisi korban lemas dan dehidrasi, ditemukan kurang lebih 200 meter dari lokasi penemuan sepeda motor dan barang bukti yang bersangkutan," ucap Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang Sadono Irawan saat dikonfirmasi MNC Portal, pada Selasa sore (21/6/2022).

Sadono menjelaskan, wisatawan asal Wendit Timur, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang itu telah diserahkan kepada pihak keluarga. Dari pengakuan korban merasa ada yang mengajak hingga akhirnya ditemukan di dalam jurang tersebut.

"Bisa dibilang karena faktor X. (Pengakuannya) karena yang bersangkutan merasa ada yang mengajak," ucap dia.

Namun dia enggan menjelaskan lebih jauh penyebab korban bisa ditemukan di jurang di Gunung Emprit Blok Pusung Duwur. "Yang penting yang bersangkutan sudah diserahkan ke keluarga," katanya.

Berdasarkan penelusuran di sekitar lokasi korban dinyatakan hilang, dikabarkan terdapat makhluk astral perempuan yang kerap kali menggoda pengendara atau wisatawan yang melintas. 
Sebelumnya, wisatawan bernama Roni Nur Efendi itu berangkat bersama keenam temannya melalui jalur Nongkojajar, Pasuruan, pada Sabtu malam (18/6/2022) sekitar pukul 22.00 WIB.

Tujuh orang itu berangkat naik sepeda motor dengan empat motor. Roni berangkat sendiri tanpa berboncengan sementara enam rekanannya berboncengan dengan tiga unit sepeda motor. Pada Minggu pagi (19/6/2022) dia pamit akan pulang mendahului rekan-rekannya melalui jalur Tumpang, Kabupaten Malang.

 

1
/
2