Wow! Pasar Rakyat Jagantara WBI Foundation Pamerkan Buku Resep Berusia 1 Abad 

Muhammad Sukardi
Senin 01 Agustus 2022 07:50 WIB
Wow! Pasar Rakyat Jagantara WBI Foundation Pamerkan Buku Resep Berusia 1 Abad 
Pasar Rakyat Jagantara WBI Foundation pamerkan buku resep berusia 1 abad. (celebrities.id/Sukardi)

JAKARTA, celebrities.id - Pasar Rakyat Jagantara yang digelar Warisan Budaya Indonesia (WBI) Foundation menyimpan harta karun yang luar biasa. 

Bukan hanya jajanan pasar yang sudah jarang ditemukan, tapi ada buku berusia satu abad lebih, tepatnya 152 tahun. 

Ya, buku resep tersebut dicetak pada 1870 dan kondisinya masih sangat baik hingga sekarang. Tak hanya itu, pengunjung yang hadir di Pasar Rakyat Jagantara juga bisa melihat buku resep Mustikarasa yang sangat fenomenal. 

Diterangkan Kevindra Soemantri, pengurus space kuliner di acara Jagantara, buku-buku jadul ini didapat dari koleksi Museum Boga Indonesia dan koleksi pribadi jurnalis senior Andreas Maryoto. 

"Jagantara bekerja sama dengan Museum Boga Indonesia dan jurnalis senior Andreas Maryoto untuk menghadirkan  buku-buku kuliner di Indonesia. Jumlah bukunya ada 14 buku masak lama," kata Kevindra saat diwawancarai MNC Portal, beberapa hari lalu. 

Kevin melanjutkan, ke-14 buku masak lama yang dihadirkan di Pasar Rakyat Jagantara ini masing-masing punya cerita yang sangat spesial, mulai dari politik hingga 'the unique story' tentang bahan baku dan cerita di balik menu atau masakan tersebut.

Nah, bicara soal buku berusia 1 abad, itu adalah buku resep tertua di Hindia Belanda, namanya Kokki Bitja yang ditulis oleh Nonna Cornelia. "Yang ada di sini edisi 1870," kata Kevin. 

"Bicara soal bukunya, untuk menemukan copy asli cetakan 1857 itu cuma ada di Belanda dan beberapa koran lama. Ini buku resep pertama di Indonesia," tuturnya. 

Selain buku itu, ada juga buku berjudul 'Groot nieuw volledig Oost-Indisch Kookboek' yang ditulis oleh nyonya J.M.J. Catenius van der Meijden yang menurut Kevin itu adalah buku resep tertebal dan terlengkap pertama di Indonesia. Di buku ini, tersaji 1381 resep makanan. 

"Ada kisah menarik di balik buku ini. Menurut ceritanya, buku ini dibuat untuk nyonya-nyonya Belanda yang punya asisten rumah tangga untuk masak. Jadi, mereka biar bisa masak segala macam," ujar Kevin. 

 

1
/
2