Yuk, Intip Cara Cermat dan Bijak Belanja bersama Shopee COD 2.2 Sale!

Icon CameraRizqa Leonny Putri
Senin 23 Januari 2023 17:00 WIB
Yuk, Intip Cara Cermat dan Bijak Belanja bersama Shopee COD 2.2 Sale!
Shopee kembali mempersembahkan kampanye Shopee COD 2.2 Sale untuk memenuhi kebutuhan dan menjawab ragam preferensi saat berbelanja online. (Foto: dok Shopee)

JAKARTA, celebrities.id - Apakah kamu sering belanja online? Selain untuk memenuhi kebutuhan, berbelanja juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, lho!

Tidak hanya itu, sejumlah kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan pada pengguna, seperti efisiensi waktu dan tenaga, hingga berbagai promo dan keuntungan menjadi daya tarik tersendiri. Namun, setiap orang perlu selalu cermat dan hemat saat berbelanja, khususnya untuk kebutuhan bulanan rumah agar keuangan dapat dikelola secara optimal. 

Hal pertama yang perlu kamu sadari sebelum berbelanja online adalah, apakah produk yang mau dibeli termasuk dalam kategori ‘kebutuhan’ atau ‘keinginan’? Kebutuhan harus selalu didahulukan daripada keinginan. Jika kebutuhan tidak tercukupi, kamu bisa saja mengalami masalah atau kendala dalam beraktivitas.

Dengan menyadari hal ini, kamu akan lebih mudah untuk memutuskan barang yang sebaiknya dibeli atau tidak perlu dibeli meskipun harganya tidak mahal. Nah, agar kamu dapat belanja kebutuhan rumah dan harian dengan lebih cermat dan bijak, yuk simak dan coba terapkan tips belanja berikut ini! 

1. Buat rencana daftar belanja barang kebutuhan 

Menyusun daftar belanjaan dan menentukan perkiraan jumlah uang yang dibutuhkan sangat penting untuk dibuat di awal. Adanya daftar belanja membuat kegiatan belanjamu jadi lebih terarah, tidak makan waktu lama, dan terhindar dari barang kebutuhan yang lupa terbeli.

Selain itu, kamu jadi tau skala prioritas belanjaanmu dan tidak mudah tergoda dengan banyaknya tawaran menggiurkan mulai dari produk baru hingga barang diskon yang mungkin saja hanya keinginan sesaat. 

2. Cek informasi dan deskripsi produk yang lengkap 

Sebelum membeli sebuah barang atau benda secara online, jangan lupa untuk menggali banyak informasi terlebih dahulu. Memeriksa gambar dan deskripsi produk dengan cermat. Bahkan ada beberapa penjual yang sudah menjelaskan produk secara lengkap di deskripsi sehingga membuat pembeli jadi lebih mudah untuk kenal produknya.

Jangan lupa untuk survei harga produk terlebih dahulu. Kamu bisa mulai membandingkan harga dan tawaran terbaik dari beberapa penjual. Lalu, perlu juga memperhatikan sejumlah faktor lain, misalnya garansi, kualitas produk, dan testimoni pembeli agar kamu bisa mendapatkan pengalaman belanja yang menyenangkan. 

3. Cermat memilih metode pembayaran yang diinginkan 

Kemudahan berbelanja online didukung oleh tersedianya metode pembayaran yang sangat beragam untuk memberikan kenyaman dan kepuasan pengguna. Banyak sekali pilihan yang dapat digunakan mulai dari metode transfer bank, virtual account, membayar dengan e-wallet, hingga bayar di tempat atau seringkali disebut dengan Cash On Delivery (COD). 

 

Follow Berita Celebrities di Google News

1
/
2