Yuk Intip Indahnya Rumah Adat Aceh Berumur 200 Tahun di Pidie Jaya

Jamal Pangwa
Rabu 05 Mei 2021 14:27 WIB
Rumah adat Aceh masih berdiri tegak di kawasan lahan ruang terbuka hijau di komplek perkantoran Cot Trieng, Meureudu, Pidie Jaya. (Foto: MPI/Jamal Pangwa)

PIDIE JAYA, celebrities.id – Kekayaan alam, tradisi dan budaya Aceh tiada habisnya untuk dinikmati. Selain kulinernya yang melegenda, tanah rencong juga memiliki warisan rumah adat berumur 200 tahun lebih. 

Rumah adat Aceh tersebut masih berdiri tegak di kawasan lahan ruang terbuka hijau di komplek perkantoran Cot Trieng, Kecamatan Meureudu, Kabupaten Pidie Jaya. Rumah adat tersebut berukuran 10 x 12 meter yang didirikan di lahan seluas 3.300 meter.

Keberadaan rumah adat Aceh ini juga menarik kedatangan rombongan dari Kemendikbud lantaran di lokasi ini juga berdiri museum sejarah Aceh. Kemendikbud sendiri berencana menguatkan pendidikan mengenai sejarah jalur rempah. Hal ini sebagai salah satu cara agar jalur rempah menjaadi nominasi warisan budaya dunia oleh UNESCO.

Rombongan Kemendikbud disambut Kepala Bidang Kebudayaan Pidie Jaya, Marzuwan. Di lokasi mereka bisa menyaksikan keindahan rumah adat Aceh dengan view yang begitu indah karena berdirinya tepat di tengah kolam dengan panorama alam yang masih alami dikelilingi hamparan persawahan.

Selain memiliki pemandangan menawan, rumah adat Aceh ini juga memiliki corak ukiran kayu mengunakan tangan masa tempo dulu. Di samping rumah adat ini juga terdapat satu ikon Pidie Jaya yaitu Bubei besar yang berdiri tegak yang biasa digunakan sebagai tempat berswafoto pengunjung yang datang.

Irini Dewi Wanti dari Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh menyebutkan bahwa rombongan Kemendikbud datang untuk melakukan survei jalur rempah di Aceh. Kebetulan di Kabupaten Pidie Jaya memiliki museum rumah adat Aceh. Menurut Irini Dewi Wanti, museum ini merupakan pusat informasi bagi budayawan.
 

Editor : Mohammad Saifulloh