Yuk Intip Kuliner Jemaah Haji, Ada Restoran Khas Timur Tengah hingga Nusantara

Tika Vidya Utami
Selasa 14 Juni 2022 19:16 WIB
Yuk Intip Kuliner Jemaah Haji, Ada Restoran Khas Timur Tengah hingga Nusantara
Kuliner di Arab Saudi (Foto: Instagram @badaralab3s)

JAKARTA, celebrities.id - Pada pelaksanaan haji  1443 H/2022 M, calon jemaah haji Indonesia akan mendapat 27 kali makan di Kota Madinah serta 75 kali makanan di Kota Mekkah. Khusus pada 5, 6 dan 7 Dzulhijjah atau tiga hari sebelum Arafah dan 14-15 Dzulhijjah atau dua hari setelah ibadah di Mina, calon jemaah haji Indonesia akan mendapat konsumsi sebanyak 10 kali berupa makanan siap saji. 

Pemerintah Indonesia akan menyediakan aneka makanan khas Nusantara, seperti terong balado, tumis tempe balado, semur ayam, tongseng sapi, hingga rendang daging.

Dirjen Haji Luar Negeri Kementerian Agama Subhan Cholid mengatakan, pada musim haji ini jemaah mendapat tiga kali makan yang sebelumnya hanya dua kali. Makan pagi jemaah haji Indonesia disediakan pada pukul 06.00-09.00 waktu Arab Saudi (WAS) serta paling lambat harus sudah dimakan pada pukul 11.00 WAS. 

Lalu makan siang disediakan pada pukul 12.00-15.00 WAS, paling lambat harus sudah dimakan pada pukul 17.00 WAS. Sementara makan malam disediakan pukul 18.00-21.00 WAS dan paling lambat harus dimakan pada pukul 23.00 WAS.

Jemaah haji Indonesia juga akan mendapat layanan konsumsi satu kali di Bandara Jeddah ketika kedatangan atau kepulangan. Selain itu, jemaah memperoleh pula 16 kali konsumsi, di antaranya selama di Arafah, Muzdalifah dan Mina berupa makanan siap saji. 

Menurut Subhan, salah satu tantangan yang dihadapi adalah menyediakan serta membagikan makanan tiga kali sehari kepada jemaah dalam waktu yang singkat. Selain itu, Subhan menambahkan, sebaiknya makanan dikonsumsi sesuai waktu yang ditentukan guna menghindari kemungkinan makanan basi atau tidak layak konsumsi. Para jemaah haji Indonesia pun diimbau untuk makan tepat waktu selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci.

Mengingat pentingnya ibadah haji dalam menyempurnakan rukun Islam ini, jemaah dianjurkan untuk menjaga kondisi tubuh dengan cara makan teratur agar stamina tidak menurun. Diketahui, di Arab Saudi terdapat tempat makanan favorit jemaah haji ketika berkunjung ke Tanah Suci. Apa saja tempat makanan favorit jamaah haji? Berikut daftarnya.

 

1
/
3