Yuk Kenali Hewan Terpapar Penyakit Kulit dan Mulut, Ini Ciri-cirinya 

Arif Budianto
Minggu 22 Mei 2022 15:50 WIB
Yuk Kenali Hewan Terpapar Penyakit Kulit dan Mulut, Ini Ciri-cirinya 
Mengetahui ciri-ciri hewan memiliki penyakit mulut dan kuku. (Foto: Antara)

BANDUNG, celebrities.id - Masyarakat diminta mewaspadai penyebaran penyakit kulit dan mulut (PMK) pada hewan. Untuk mengetahui apakah hewan terkena PMK atau tidak, masyarakat bisa melihat ciri ciri secara fisik. 

Beberapa ciri gejala PMK ini antara lain, suhu hewan mencapai 39 derajat. Ada lepuhan seperti cacar di sekitar mulutnya. Lalu, di kakinya terdapat luka merah di sela-sela kuku. Jika ditemukan hewan yang tidak layak jual, maka harus dipisahkan dan tidak diberikan penanda kalung. 

"Maka dari itu, kondisi kandang harus selalu bersih. Semua yang keluar masuk kandang harus desinfeksi. Orang kandang harus punya baju kandang sendiri. Kami sudah fasilitasi itu untuk para peternak," kata Kepala Bidang Keamanan Pangan DKPP Kota Bandung Ermariah, Minggu (22/5/2022). 

Meski telah diyakini PMK ini tidak bisa menyebar ke manusia, tapi Erma mengimbau untuk tetap menjaga keamanan dengan memilah bagian mana saja yang boleh dikonsumsi dan tidak. 

"Dagingnya harus dimasak matang sebelum dikonsumsi. Sedangkan untuk tulang dan jeroan sebaiknya jangan dikonsumsi dulu," kata Erma. 

 

1
/
2