Foto-Foto Kongkow di Pawon Luwak Coffee, Melihat Langsung Pengolahan Kopi di Borobudur

Icon CameraRedaksi Celebrities
Jumat 26 Mei 2023 23:13 WIB

MAGELANG, celebrities.id - luwak-coffee'>Pawon Luwak Coffee, sebuah kedai kopi skala usaha kecil menengah (UKM) di Dusun Brojonalan, Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, memproses kopi secara tradisional

Sang pemilik, Prana Aji mendirikan Pawon Luwak Coffee pada akhir 2013. Merek dagangnya sudah dipatenkan. Pawon diambil dari nama Candi Pawon yang lokasinya di seberang kedai. Dalam bahasa Jawa, pawon artinya dapur. Ini ada filosofinya.

Pawon Luwak Coffee sangat membuka urusan dapur mereka kepada pengunjung. Cerita tentang proses pengolahan kopi luwak hingga siap disajikan.

Di teras depan kedai terdapat sejumlah tampah penuh dengan biji kopi yang dijemur. Pegawai kedai menjelaskan proses penjemuran hingga pencucian. Masuk ke bagian dalam, ada proses sangrai hingga penggilingan.

Di kebun kecil di depan beranda tempat kami berbincang, ada beberapa kandang luwak. Pengunjung bisa bermain dengan luwak-luwak jinak di sana. Setelah itu barulah kita memesan kopi dan menikmatinya sambil duduk-duduk santai. (Armydian Kurniawan)

 

(Andre Purwanto)

Follow Berita Celebrities di Google News

Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Celebrities.id tidak terlibat dalam materi konten ini.