Potret Aktivitas Warga Dukuh Wirun, Jadi Desa Gamelan di Jawa Tengah yang Mendunia

Ahmad Antoni
Senin 19 September 2022 22:00 WIB

SUKOHARJO, celebrities.id - Aktivitas sejumlah perajin dalam pembuatan gamelan di Kerajinan Gamelan Panji Gong Agung, Dukuh Wirun, Desa Wirun RT 2 RW 6 Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu. 

Sebanyak 30 perajin terlibat dalam pembuatan gamelan perunggu Jawa model Jogja sebanyak 14 set yang dipesan Dinas Kebudayaan Provinsi DIY. Untuk pembuatan satu set lengkap dibutuhkan waktu hingga tiga bulan.

Proses pembuatan gamelan di Panji Gong Agung ini diawali dengan pemilihan bahan baku, kemudian proses peleburan dilanjutkan dengan proses penempaan, kemudian proses finishing dengan menggunakan gerindra dan selanjutnya proses penyegaran nada gamelan. 

Setelah semua proses selesai dilanjutkan dengan proses finishing pembrasuhan atau penggilapan, setelah itu baru bisa ditabuh atau dimainkan. Hasil kerajinan gamelan Panji Gong Agung ini telah merambah pasar internasional, di antaranya Malaysia, Korea hingga sejumlah negara Eropa.

Kerajinan Gamelan di Desa Wirun ini sudah berdiri sejak 1956, dirintis pertama kali oleh Reso Wiguno. Kini, pembuatan gamelan di Desa Wirun ini sudah cukup modern. Mengenai harga, satu set gamelan lengkap bisa dihargai hingga sekira Rp500 juta. 

(SINDO/Ahmad Antoni)

(Adam Erlangga)